Powered By Blogger

Sabtu, 19 Januari 2013

Cantik Manis


Bulan puasa itu juga bulan silahturahmi, kalo dikampunga eykeh tuh ya ada istilah ma-anta pabukoan, pokoke kalo di tanah Minang pasti tau dengan istilah itu. Beberapa macam takjil dimasukin rantang yang kemudian diantar kerumah mertua atau keluarga suami, ada juga yang diantar kerumah mamak, terserah anda mana yang disuka, saya suka yang simple aja, kerumah mertua, biar ga dibilang menantu durhaka, jadi semenjak  menikah ini kali ke 4 eykeh anterin takjil, isinya macem macem ada lapek bugih, pernah pudding pandan, onde onde,cake, boleh pisang juga (tapi aku ga pernah bawain mertua pisang, karna dikebon belio banyak pohon pisangnya, yang ada nanti malah eykeh disuruh bawa pulang pisang dikebon hehe) kali ini aku buatin cantik manis. 

Bahannya dari sagu bonai (kalo ngomong indonya aku ga tau, yang jelas ada butiran warna warninya, ada yang itu namanya mutiara), dibungkus daun pisang, apa sebaiknya di tulis resepnya juga yah? Tapi malaaasss …kapan kapan deh yah ini dulu dapatnya dari majalah Kartini edisi jaduuuul banget, waktu masih es de. Rasanya enak saudara saudara,ada manisnya, ada wangi pandannya, ada rasa dan aroma nangkanya juga, ada gurih kelapa muda parutnya juga, kebayangkan rasanya. Kebayang juga kan bahannya apa aja? Ada mutiara, nangka, kelapa muda parut, gula dan daun pandan. Pakai ilmu kirologi aja, pasti jadi deh. icip icip manisnya, cium aroma nangkanya, kalo suka banyak silahkan gunakan nangka sebanyak yang anda suka. Mutiaranya di rebus dengan air mendidih dulu, saring, udah gitu diaduk rata dengan bahan lainya, bungkus daun pisang kukus sampai matang, sajikan dingin, atau dinikmati setelah sejam 2 jam dari dalam kulkas nikmeh deh…hehehe
Bungkusnya ga bisa sebagus di majalah, udah bikin berkali kali tetep aja ga bisa bungkus sebagus contoh akhirnya beralih seperti bungkus sate aja,mana yang bisa aja yang penting jadi, enak , semua suka dan tandas dalam sekejap.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar